Profil Sekolah
Pada tanggal 1 Agustus 1974, kisah baru dimulai. Di saat itu, SLB Bhakti Luhur Malang lahir dengan tekad kokoh, sebagai tempat khusus untuk anak-anak dengan hambatan mental. Dalam pelukannya, anak-anak dari keluarga kurang mampu menemukan cahaya pendidikan. Awalnya dikenal sebagai SLB, sekolah ini merupakan tempat yang menyatukan berbagai jenis pendidikan khusus.
Dahulu di Jalan Galunggung no.3, terhampar sebuah perjalanan yang penuh makna. Tempat ini dulunya adalah pusat Institut Pengembangan Masyarakat, tetapi dengan waktu, ia bermetamorfosis menjadi tempat yang sangat berarti. Inilah awal dari cerita SLB Bhakti Luhur Malang, sebuah institusi yang mengabdikan diri untuk mengembangkan rehabilitasi bagi individu penyandang disabilitas.Sebelumnya hanya ada satu rumah yang berdiri teguh di Jalan Galunggung no.3. Namun, seiring berlalunya waktu, tempat ini tumbuh menjadi kompleks yang luas dan beragam. Luas tanah mencapai 2,5 hektar, dan tempat ini menjelma menjadi pusat rehabilitasi yang menyediakan berbagai bentuk pendidikan, terapi, pelatihan, dan kesempatan kerja. Dari Jalan Galunggung no.3 Gerbang utama bergeser, seperti langkah berjalan menuju ke depan, dan kini Raya Dieng yang menjadi pintu masuk utama. Di Jalan Raya Dieng no.40, Malang, pintu gerbang ini memberi salam hangat kepada siapa saja yang ingin merasakan atmosfer inklusif dan peduli. Perubahan ini mencerminkan semangat baru SLB Bhakti Luhur Malang, yang selalu mengutamakan kebutuhan dan perkembangan para siswa serta penyandang disabilitas.Namun, seiring waktu berlalu, fokus pendidikan semakin diperjelas. Berbagai jenis hambatan khusus diterima dengan tangan terbuka, seakan membentuk warna-warni pelangi keberagaman. Dari tunanetra hingga autisme, semua mendapat tempat di SLB Bhakti Luhur Malang. Masyarakat sekitar pun mulai melihatnya sebagai sumber harapan bagi anak-anak dengan keterbatasan.Tahun 2009 membawa perubahan lebih lanjut. Pendidikan terbagi menjadi empat jenjang: TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB. Langkah ini menunjukkan upaya untuk memberikan lulusan akses yang lebih baik ke pendidikan berikutnya. Namun, pada tahun 2019, sekolah ini kembali bersatu menjadi satu kesatuan, menunjukkan tekad untuk menjaga inklusivitas dan memberikan peluang kepada lulusan untuk berkembang dalam bidang keterampilan yang diminati. SLB Bhakti Luhur Malang, sebuah cerita yang tulus dan berarti. Dari satu rumah ke kompleks yang luas, dari SLB hingga berbagai jenjang, dari Jalan Galunggung ke Jalan Raya Dieng, semuanya adalah jejak perjalanan yang menginspirasi dan memotivasi. Dengan tetap teguh pada nilai-nilai inklusi dan kemampuan, SLB Bhakti Luhur Malang menjadi tempat yang membantu para siswa dan alumni untuk berkembang dan mandiri, menghadapi dunia dengan kepercayaan diri.Fasilitas-fasilitas yang ada di SLB Bhakti Luhur Malang juga memainkan peran penting dalam mendukung pendidikan, rehabilitasi, dan perkembangan para siswa penyandang disabilitas. Ruang kelas, ruang terapi, ruang keterampilan, serta fasilitas seni dan musik menciptakan lingkungan yang inklusif. Perpustakaan menjadi sumber pengetahuan, sementara aula dan ruang pertemuan memfasilitasi interaksi dan pertukaran ide. Ruang olahraga memberikan peluang bagi kesehatan fisik, dan ruang makan menciptakan suasana santai untuk makan dan berinteraksi.Semua ini adalah bagian dari komitmen SLB Bhakti Luhur Malang dalam memberikan lingkungan pendidikan yang holistik, mendukung perkembangan para siswa dengan cinta dan perhatian penuh.
7.SARANA PRASARANA YANG ADA DI SLB BHAKTI LUHUR MALANG
Bhakti Luhur Malang juga menjadikan fasilitas-fasilitas sebagai penopang utama dalam mendukung pendidikan, rehabilitasi, dan perkembangan siswa penyandang disabilitas. Berikut adalah beberapa fasilitas yang menjadi bagian integral dari lingkungan inklusif di SLB Bhakti Luhur Malang:
A. Perpustakaan
Perpustakaan di SLB Bhakti Luhur Malang memiliki koleksi buku yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai minat dan tingkat membaca. Ini adalah tempat yang menyediakan pengetahuan dan peluang untuk membaca yang merangsang perkembangan kognitif siswa
B.Aula
Fasilitas aula dan ruang pertemuan digunakan untuk berbagai acara, presentasi, dan pertemuan. Tempat ini adalah tempat di mana siswa, guru, dan staf dapat berkumpul untuk berbagai kegiatan, seperti seminar, presentasi, dan acara sosialdan pentas seni sebagai ajang anak -anak berkebutuhan khusus menampilkan kebelehan mereka .
C.Lapangan olah raga
SLB Bhakti Luhur Malang juga memiliki fasilitas olahraga untuk mendukung perkembangan fisik siswa. Di sini, mereka dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga dan rekreasi yang mengedepankan kesehatan dan kebugaran.
D. Kafe Fasilitas
ini menyediakan tempat siswa untuk makan yang nyaman. Ruang makan ini dirancang untuk memastikan bahwa siswa dapat menjalani kegiatan makan dengan lancar, dengan perhatian khusus terhadap kebutuhan masing-masing.
E. Ruang Musik:
Ruang ini dirancang untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat dalam musik. Siswa memiliki kesempatan untuk belajar bermain alat musik dan mengekspresikan diri melalui musik. Hal ini tidak hanya membantu dalam pengembangan kreativitas, tetapi juga meningkatkan perkembangan sensorik dan koordinasi.
F. Unit Kesehatan Sekolah (UKS):
Unit Kesehatan Sekolah hadir untuk memberikan perawatan dan pemantauan kesehatan bagi siswa. Hal ini termasuk pemeriksaan kesehatan rutin, penanganan kesehatan umum, serta penyediaan informasi kesehatan yang relevan bagi siswa, guru, dan staf.
G. Ruang Bina Gerak:
Ruang ini didesain khusus untuk memberikan latihan fisik dan terapi bagi siswa dengan cacat fisik. Terapi gerak dan latihan yang disediakan di ruang ini membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan motorik dan kemandirian dalam bergerak.
H. Ruang Bina Bicara:
Ruang ini menjadi tempat penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan komunikasi. Dilengkapi dengan peralatan audiometer dan ruangan hearing grup, fasilitas ini mendukung terapi bicara dan pendengaran bagi siswa dengan hambatan komunikasi.
I. Ruang Snoezelen:
Ruang ini adalah tempat yang dirancang untuk memberikan pengalaman sensorik yang menenangkan dan merangsang. Terutama bermanfaat bagi siswa dengan yang memiliki kecerdasan mental yang berat autisme atau gangguan sensorik lainnya, fasilitas ini membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan kenyamanan.
J. Ruang Remedial Teaching:
Ruang ini menjadi pusat di mana siswa mendapatkan bimbingan tambahan dalam mata pelajaran tertentu. Siswa yang memerlukan dorongan ekstra dapat mendapatkan perhatian khusus dan pendekatan yang lebih personal di ruang ini.
K. Ruang Play Therapy Kelas Transisi:
Ruang ini difokuskan pada persiapan siswa untuk memasuki lingkungan kelas SLB. Bermain adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan mereka pada rutinitas dan interaksi di sekolah.
L. Bengkel Modifikasi Kursi Roda:
Bengkel ini membantu menyediakan kursi roda yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan siswa dengan cacat fisik. Modifikasi dilakukan untuk memastikan kursi roda dapat mendukung mobilitas dan kesejahteraan siswa.
M.Ruang Low Vision:
Ruang ini dirancang untuk membantu siswa dengan masalah penglihatan. Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan yang membantu dalam membaca dan menulis bagi mereka yang memiliki hambatan penglihatan.
N.Ruang Bordir dan Menjahit:
Ruang ini memfasilitasi siswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan menjahit dan bordir. Keterampilan ini memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan di masa depan
O.Ruang Tata Rias dan Ruang Salon:
Ruang ini membantu siswa untuk belajar tentang perawatan pribadi dan tata rias. Ini juga menciptakan suasana yang merangsang rasa percaya diri dan penghargaan diri.
P.Lab Komputer:
Fasilitas ini memberikan akses kepada siswa untuk mempelajari teknologi dan mengembangkan keterampilan komputer. Ini mendukung penguasaan teknologi yang dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.
Semua fasilitas ini adalah wujud komitmen SLB Bhakti Luhur Malang dalam memberikan lingkungan pendidikan yang holistik, mendukung perkembangan fisik, kognitif, dan emosional para siswa dengan cinta dan perhatian penuh
ARTI LOGO BHAKTI LUHUR
1. Api melambangkan semangat cinta kasih
2. Lingkaran api melambangkan kebulatan tekat,komitmen kebersamaan dalam pelayanan tanpa batas
3. Warna putih melambangkan dasar kemurnian dan ketulusan hati
4. Warna merah melambangkan semangat,keberaniandan pengorbanan tanpa pamri
5. Warna kuning melambangkan sikap social,optimis dan ketebukaan
6. Warna hijau melambangkan kedamaian dan sikap positif
7. Warna coklat melambangkan kesederhanaan
Bantuan dari SLB Bhakti Luhur Malang
1. Anak-anak yang mengalami kesulitan melihat (buta atau low vision):
a. Diagnosa
b. Alat bantu melihat
c. Pemeriksaan
d. Operasi
2. Anak-anak yang mengalami kesulitan mendengar (tuli) :
a. Assessment pendengaran
b. Alat bantu dengar (ABD)
3. Anak-anak yang mengalami kesulitan bergerak (cacat fisik):
a. Kursi roda
b. Walker-Rotator
c. Kruk dan tongkat
4. Anak-anak yang cerebral palsy :
a. Kursi atau tempat duduk adaptasi
b. Latihan orang tua
c. Obat jika diperlukan
5. Anak-anak yang mengalami bibir sumbing dan celah langit :
a. Operasi
b. Penanganan Rehabilitasi lanjutan
6. Anak-anak yang mengalami hydrocephalus dan meningokel:
a. Operasi
b. Perawatan
7. Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar (tuna grahita) :
a. Latihan dan remedial teaching
b. Alat belajar khusus
c. Latihan orang tua
8. Anak-anak yang mengalami epilepsi :
a. Pemerikasaan
b. Obat-obatan
c. Monitoring dan after care
9. Anak-anak yang mengalami TBC, malaria dan lepra :
a. Obat-obatan jika belum menerima
b. Monitoring dan after care
c. Perawatan
10. Anak atau orang dengan penyakit gondok :
a. Diagnosa
b. Tindakan medis jika dimungkinkan.
Managed By ABK Istimewa
@2022 - 2024